KURIKULUM PENEGAK LAKSANA
Berikut ini merupakan kurikulum pramuka penegak Laksana. Setiap peserta didik dapat melakukan penyelesaian SKU Laksana. Bagi peserta didik yang berhasil menyelesaikan maka akan dilantik dan berhak mengenakan balok LAKSANA
NO |
Materi |
1 |
Islam. |
- |
Dapat menjelaskan
makna Rukun Iman dan Rukun islam di muka pasukan penggalang dan Satuan
Penegak. |
- |
Dapat menjelaskan hal-hal yang membatalkan Sholat dan dapat
mendirikan Sholat Sunah berjamaah. |
- |
Dapat menjelaskan
hal-hal yang membatalkan puasa serta dapat melakukan salah satu puasa sunah. |
- |
Memahami tata cara merawat jenazah Pernah menjadi amil zakat |
- |
Dapat menghafal ayat tematik, dari Alquran dan mampun
menjelaskannya. |
|
Katholik |
- |
Memahami dan
mengalami 7 sakramen. |
- |
Dapat menghafal dan menghayati akan riwayat salah satu Santo /
Santa. |
- |
Membahas 10
Perintah Allah, dilengkapi dengan contoh kehidupan sehari-hari. |
|
Protestan |
- |
Dapat memberi
kesaksian didepan jemaat atau teman sebaya |
- |
Dapat berpartisipasi aktif dalam pelayanan Gereja sesuai bakat
dan kemampuannya. |
- |
Telah mengikuti pengajaran Agama (Katekisasi) |
|
Hindu |
- |
Dapat menjelaskan
sejarah kerajaan/ candi-candi agama Hindu di Indonesia |
- |
Dapat melafalkan dan
bertindak sebagai pemimpin persembahyangan Panca Sembah |
- |
Dapat menjelaskan
Samsara / Punarbawa atau reinkarnasi sebagai bentuk untuk penyempurnaan
kelahiran berikutnya. |
- |
Dapat menjelaskan konsep
Ajaran Asta Brata |
- |
Dapat melakukan gerakan dan menjelaskan fungsi, serta
manfaat dari setiap gerakan Yoga Asanas. |
- |
Dapat melafalkan dan
mengkidungkan lebih dari satu bentuk Dharma Gita |
- |
Dapat menjelaskan bentuk dan fungsi dari seni sakrai
keagamaan Hindu |
|
Buddha |
- |
Dapat memimpin dan
mengorganisir kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama
Buddha; hari Waisak, Asadha, Kathina, Maggapuja) |
- |
Saddha :
Mendeskripsikan ruang lingkup dan intisari Tripitaka |
- |
Menjelaskan makna dan manfaat puja serta doa. |
- |
Mendeskripsikan sila dan
manfaat puja serta doa. |
- |
Mendeskripsikan sila sebagai bagian dari jalan mulia
-berunsur delapan. |
- |
Menjelaskan kebenaran
yang terdapat dalam Tripitaka |
2 |
Dapat menerima kritik dari orang lain, serta berani
mengeluarkan pendapatnya dengan tertib, sopan dan santun kepada orang-orang
di sekitarnya. |
3 |
Dapat mengikuti dan atau memimpin diskusi Ambalan dan mampu
mengambil keputusan |
4 |
Dapat menjadi
penengah (memberi solusi), jika terjadi ketidaksepahaman dalam kelompoknya. |
5 |
Mengikuti pertemuan
Ambalan sekurang-kurangnya 3 kali setiap bulan. |
6 |
Setia membayar
iuran kepada Gugus depannya, dengan uang yang seluruhnya atau sebagian diperolehnya
dari usaha sendiri, serta membantu Ambalan dalam mengelola Administrasi
Keuangan. |
7 |
Dapat memimpin rapat dan membuat risalah dengan baik. |
8 |
Pernah memimpin
kegiatan di tingkat Ambalan. |
9 |
Pernah memimpin kerja
bakti di masyarakat minimal 2 kali. |
10 |
Dapat memimpin
kelompok dalam menampilkan salah satu jenis kesenian daerah. |
11 |
Dapat menjelaskan sebagian isi AD & ART Gerakan Pramuka
kepada Ambalan |
12 |
Dapat menjelaskan
di muka umum tentang sejarah kepramukaan Indonesia dan Dunia |
13 |
Dapat melakukan
pengembaraan selama 3 hari dan atau mengatur kehidupan perkemahan selama
minimal 3 hari. |
14 |
Dapar menjelaskan
sejarah, arti, tatacara penggunaan dan kiasan Sang Merah Putih. |
15 |
Dapat menjelaskan peran Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB. |
16 |
Telah memiliki keterampilan kewirausahaan yang dapat
menghasilkan uang. |
17 |
Dapat membuat salah satu jenis peralatan teknologi tepat guna. |
18 |
Dapat membuat struktur dari keterampilan tali temali
dan pionering, yang dapat digunakan masyarakat secara berkelompok. |
19 |
Selalu berolahraga, dapat melakukan olahraga renang selain gaya
bebas dan menguasai 1 (satu) cabang olahraga lainnya. |
20 |
Dapat memahami dan menjelaskan tentang kesehatan
reproduksi. |
21 |
Dapat mempersiapkan susunan dan pelaksana upacara, telah
mempersiapkan minimal 3 kali upacara, telah menjadi pelaksana upacara minimal
3 kali. |
22 |
Dapat menyebutkan
penyebab dan cara pencagahan penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang
disebabkan perilaku tidak sehat. |
23 |
Dapat melakukan pengembaraan selama 3 hari berturut-turut. |
No comments:
Post a Comment