KURIKULUM PENEGAK BANTARA
Berikut ini merupakan kurikulum pramuka penegak Bantara. Setiap peserta didik dapat melakukan penyelesaian SKU Bantara. Bagi peserta didik yang berhasil menyelesaikan maka akan dilantik dan berhak mengenakan balok BANTARA
Materi |
|
1 |
Islam |
- |
Dapat menjelaskan makna Rukun Iman dan Rukun Islam |
- |
Mampu menjelaskan makna Sholat berjamaah dan dapat mendirikan
Sholat sunah secara individu |
- |
Mmapu menjelaskan makna berpuasaserta macam-macam puasa
|
- |
Tahu tata cara menyelenggarakan sholat jenazah |
- |
Dapat membaca doa
ijab Qobul Zakat |
- |
Dapat menghafalkan minimal sebuah hadist dan menjelaskan hadist
tersebut |
|
Khatolik |
- |
Tahu dan paham makna dan
arti Gereja Khatolik |
- |
Dapat memimpin doa
dan membanun gerakan cinta pada keberagaman agama di luar gereja khatolik |
- |
Protestan |
- |
Mendalami ajaran dan mengamalkannya dalam kehidupan
sehari-hari |
|
Hindu |
- |
Dapat menjelaskan
sejarah perkembangan agama Hindu di Indonesia |
- |
Dapat menje;askan makna dan hakikat dari tujuan melaksanakan persembayangan
sehari-hari dan hari besar keagamaan Hindu |
- |
Dapat menjelaskan
makna dan tujuan kelahiran mejadi manusia menurut agama Hindu |
- |
Dapat menjelaskan makna
dan hakekat ajaran Tri Hita Karana dengan pelestarian alam lingkungan |
- |
Dapat mempraktikan bentuk gerakan Asanas dari Hatta
Yoga |
- |
Dapat melafalakan dan
memngkidungkan salah satu Dharma Gita |
- |
Dapat mendeskripsikan struktur, fungsi dan sejarah pura
dalam cakupan Sad Kahayangan |
|
Buddha |
- |
Sadddha :
Mengungkapkan Buddha Dharma sebagai salah satu agama |
- |
Menjelaskan sejarah Buddha Gotama |
- |
Menjelaskan
Tiratama sebagai pelindung |
2 |
Berani menyampaikan
kritik dan saran yang membangun dengan sopan dan santun kepada sesama teman |
3 |
Dapat mengikuti jalannya diskusi dengan baik |
4 |
Dapat hidup bersama antara umat beragama dan toleransi dalam
bakti |
5 |
Mengikuti pertemuan Ambalan sekurang-kurangnya 2 kali
setiap bulan |
6 |
Setia membayar iuran kepada Gugusdepan, dengan uang yang seluruh
atau sebagian diperolehnya dari usaha sendiri |
7 |
Dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam
pergaulan sehari- hari |
8 |
Telah membantu mengelola kegiatan di Ambalan |
9 |
Telah ikut aktif kerja bakti di masyarakat minimal 2
kali |
10 |
Dapat menampilkan
kesenian daerah di depan umum minimal satu kali |
11 |
Mengenal,Mengerti dan Memahami isi AD & ART Gerakan
Pramuka |
12 |
Dapatg menjelaskan sejarah Kepramukaan Indonesia dan Dunia |
13 |
Dapat menggunakan
jam, kompas, tanda jejak dan tanda- tanda alam lainnya dalam pengembaraan |
14 |
Dapat menjelaskan bentuk pengamalan Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari |
15 |
Dapat menjelaskan
tentang organisasi ASEANdan PBB |
16 |
Dapat menjelaskan tentang kewirausahaan |
17 |
Dapat mendaur ulang barang tidak terpakai menjadi
baerang yang bermanfaat |
18 |
Dapat menerapkan
pengetahuannya tentang tali temlai dan pionering dalam kehidupan sehari-hari |
19 |
Selalu
berolahraga, mampu melakukan olahraga renang gauya bebas dan menguasai
1(satu) cabang olahraga tim |
20 |
Dapat menjelaskan
perkembangan fisik laki-laki dan perempuan |
21 |
Dapat memimpin
baris berbaris sangganya, dapat menjelaskan tentang gerakan baris berbaris
kepada anggota sangganya yang terdiri
atas gerakan ditempat |
22 |
Dapat menyebutkan beberapa penyakit infeksi, degenerative dan
penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat |
23 |
Ikut serta dalam
perkemahan selama 3 hari berturut turut |
No comments:
Post a Comment